Jakarta, 23 Maret 2011 – Perusahaan ritel gaya hidup terkemuka di Indonesia PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) hari ini menyampaikan hasil laporan keuangan untuk tahun buku 2010. Perusahaan berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan bersih sebesar 15% menjadi Rp 4,7 trilyun. Sementara laba usaha meningkat 46% menjadi Rp 449 milyar. Di samping itu laba bersih perusahaan pada tahun 2010 mencapai Rp 201 milyar – meningkat 23% dibandingkan tahun 2009.
Menanggapi pencapaian tahun 2010, Fetty Kwartati, Corporate Secretary MAP menuturkan, “Dengan menerapkan strategi bisnis yang konsisten dan terfokus pada pertumbuhan merek-merek yang ada, perusahaan berhasil mencapai kinerja yang baik pada tahun 2010. MAP kembali mencatatkan pertumbuhan penjualan dan semakin mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan ritel gaya hidup bagi pangsa pasar menengah atas. Kami akan terus fokus pada bisnis utama kami, serta memaksimalkan potensi dari merek-merek dan gerai-gerai yang ada saat ini. MAP juga akan menambah beberapa merek baru secara selektif untuk melengkapi serta mengembangkan portofolio merek yang telah ada.”
Hingga akhir tahun 2010, MAP mengoperasikan 854 gerai, termasuk penambahan 130 gerai baru yang dibuka. Saat ini, MAP mengelola 870 gerai ritel di 25 kota di Indonesia. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis tahun ini, perusahaan telah menganggarkan Rp 350 milyar untuk belanja modal yang akan dipergunakan untuk ekspansi gerai-gerai baru sehingga total gerai akan berjumlah lebih dari 1.000 di akhir tahun 2011. Langkah ekspansi ini termasuk pembukaan gerai-gerai MAP di sejumlah kota baru seperti Jayapura, Palu dan Ambon di wilayah timur Indonesia.
Untuk memperkuat portofolio merek, MAP telah menambah beberapa merek, diantaranya Payless ShoeSource, juga Bershka dan Stradivarius yang merupakan merek dari Inditex Group, pemilik merek Zara. Bershka dan Stradivarius gerainya telah buka di Plaza Indonesia, sedangkan gerai Payless ShoeSource yang pertama akan dibuka pada bulan April 2011.
Tahun lalu MAP memperoleh penghargaan “Penerbit Obligasi Terbaik 2010 – Kategori Emiten Obligasi Non Keuangan Pendatang Baru Obligasi Mitra Adiperkasa I Tahun 2009 Seri B” dari Majalah Investor – Globe Media Group. Selain itu perusahaan juga berhasil meraih penghargaan dari Oshkosh B’ Gosh sebagai “Best Store Merchandising” di tahun 2010.
Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk
Konsep-konsep ritel utama yang dikelola oleh perusahaan terdiri dari:
- : Debenhams, Java/Lotus, SEIBU and SOGO.
- : Bershka, Dorothy Perkins, Kipling, Lacoste, Loewe, Marks & Spencer, Massimo Dutti, MaxMara, Miss Selfridge, Nautica, Next, Pull and Bear, Samsonite, Sole Effect, Stradivarius, Swatch, Topman, and Topshop.
- Adidas Sports, Converse, Golf House, Planet Sports, Reebok, Rockport, Sports Station, The Athlete’s Foot and The Sports Warehouse.
- : Burger King, Chatterbox, Cold Stone Creamery, Domino’s Pizza, Pizza Marzano and Starbucks.
- : Barbie Boutique, Kidz Station and Oshkosh B’Gosh.
- : Alun Alun Indonesia, and Kinokuniya.
Selain dari usaha ritel, MAP juga merupakan distributor utama untuk lebih dari 90 merek internasional, di antaranya Reebok, Speedo, Converse, Diadora, Lotto, Airwalk, Superman, Batman, OshKosh B’Gosh, dan Thomas & Friends. Informasi lebih lengkap tentang MAP dapat Anda peroleh di www.map-indonesia.com
Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi:
Fetty Kwartati
Corporate Secretary
PT Mitra Adiperkasa Tbk
Wisma 46, 8th fl. – Kota BNI
Jl. Jend. Sudirman Kav. 1
Jakarta 10220
Phone : 021 575 0755 (direct)
Fax : 021 574 5753
Email : fetty.kwartati@map.co.id