MAPI MENCATAT PERTUMBUHAN YANG BERKELANJUTAN UNTUK 9M’23

Jakarta, 30 Oktober 2023 – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), peritel multi-channel branded commerce terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan pertumbuhan kinerja dan laba bersih untuk periode 9M 2023, menunjukkan momentum yang stabil pada sebagian besar unit bisnis Perusahaan.

 

Sepanjang periode 9M, pendapatan bersih MAPI tumbuh sebesar 26,4% YoY menjadi Rp23,8 triliun dari Rp18,8 triliun, dengan margin laba kotor naik menjadi 45,6% dari 45,1% pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Laba usaha naik 17,8% YoY menjadi Rp2,6 triliun, dan EBITDA mencapai Rp4,4 triliun, peningkatan dari Rp3,9 triliun yang tercatat pada periode yang sama di 2022. Tanpa one-time gain dari divestasi Burger King senilai Rp309 miliar (setelah pajak) yang terjadi pada Q1’22, laba inti yang mewakili kinerja operasional Perusahaan melonjak 20,2% YoY menjadi Rp1,8 triliun.

 

Pada kuartal ke-tiga, MAPI mencatat peningkatan pendapatan bersih sebesar 24,7% YoY menjadi Rp8,2 triliun dari Rp6,6 triliun. GPM sedikit menurun ke 46,2% dari 46,5%, sementara laba usaha dan EBITDA masing-masing tercatat sebesar Rp832 miliar dan Rp1,4 triliun. Pada bottom-line, laba bersih MAPI mengalami peningkatan menjadi Rp577 miliar, dibandingkan Rp569 miliar yang tercatat di tahun sebelumnya.

 

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications, and Sustainability MAP Group menyatakan, “Selama periode ini, kami melihat pertumbuhan solid di seluruh Grup, didukung oleh model bisnis multi-brand MAPI yang beragam dan ketahanan basis konsumen. Secara umum, kami juga mengamati tren positif dalam indikator makroekonomi secara keseluruhan. Target utama kami, terutama di segmen menengah ke atas, juga telah menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen berkat fondasi yang kuat. Faktor-faktor ini mendorong peningkatan jumlah pengunjung dan permintaan konsumen terhadap produk kami.”

 

MAPI secara konsisten telah mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang berkunjung ke gerai. Periode “Back to School” pada bulan Juli mendapat tanggapan positif, dan momen ini menunjukkan kemampuan Perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya secara efektif. Selain itu, MAPI terus fokus untuk membangun kemitraan strategis dengan sejumlah brand internasional terkemuka. Perusahaan memperkuat keberadaannya dengan membuka gerai Zara pertama di Makassar. Di luar Indonesia, MAPI juga meluncurkan gerai Zara pertama di Kamboja, serta gerai Foot Locker pertama di Thailand dan Vietnam, menjadikan MAPI sebagai salah satu destinasi utama untuk fashion dan sportswear premium di negara-negara tersebut.

 

Sebagai pengakuan terhadap kinerja Perusahaan, baik MAPI maupun PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) telah masuk ke dalam indeks-indeks utama – MAPI di IDX LQ45 dan MAPA di Indeks FTSE (Financial Times Stock Exchange) Global Equity dan Indeks FTSE Global Equity Shariah. Hal ini menjadi bukti atas kekuatan keuangan dan dominasi pasar dari MAP Group.

 

“Kinerja MAPI dalam sembilan bulan tahun 2023 mencerminkan komitmen Perusahaan yang mendalam untuk memahami dan melayani kebutuhan yang terus berkembang dari beragamnya konsumen kami. Dengan memanfaatkan plaiorm multi-channel, meningkatkan program digitalisasi, dan meningkatkan penggunaan data analytics, MAPI siap untuk pertumbuhan berkelanjutan di tengah industri ritel yang dinamis,” ungkap Ratih menyimpulkan.

 

Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk

MAPI memiliki portofolio lebih dari 150 brand kelas dunia dari department stores, sports, fashion, kids, food & beverage hingga lifestyle. Per September 2023, MAPI mengoperasikan lebih dari 3.000 gerai ritel di lebih dari 80 kota di Indonesia. Konsep ritel utama yang dikelola antara lain; Department Stores: Sogo, Seibu, The FoodHall; Fashion & Beauty: Zara, Marks & Spencer, Kipling, Colon On, Mango, Massimo Dum, Swarovski, Zara Home, Boots, Sephora; Active (Sports, Leisure & Kids): Sports Station, PlanetSports.Asia, Foot Locker, Converse, Golf House, Reebok, Skechers, Onitsuka Tiger, Staccato, Clarks, Kidz Station, Smiggle, Lego; Digital: Digimap, Digiplus; Food & Beverage: Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Godiva, Genki Sushi, Subway; Others: Alun Alun Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang MAPI silakan kunjungi map.co.id.

 

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi

Ratih Darmawan Gianda
VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability
PT Mitra Adiperkasa Tbk
Sahid Sudirman Center 30th Floor
Jalan Jend. Sudirman Kav. 86 Jakarta 10220
Telephone: +6221 8064 8498, +6221 574 5808