MAP NEWS

MAP UMUMKAN KINERJA KEUANGAN TAHUN 2024

Jakarta, 26 Maret 2025 – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), peritel gaya hidup terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan kinerja keuangan untuk kuartal ke-4 dan tahun 2024.

MAP melaporkan peningkatan pendapatan bersih sebesar 13,6% menjadi Rp37,8 triliun untuk tahun 2024. Laba kotor tumbuh dari Rp15,1 triliun menjadi Rp16,1 triliun, dengan GPM sebesar 42,7%. Laba usaha mencapai Rp3,5 triliun dengan margin 9,1%, sementara EBITDA naik menjadi Rp6,4 triliun. MAP mencatatkan laba bersih sebesar Rp2,1 triliun.

Pada kuartal ke-4, pendapatan bersih Perusahaan tumbuh sebesar 7,3% menjadi Rp10,2 triliun. Laba kotor meningkat dari Rp4,2 triliun menjadi Rp4,3 triliun, dengan GPM sebesar 42,2%. Laba usaha mencapai Rp1,1 triliun dengan margin 10,4% dan EBITDA naik menjadi Rp1,9 triliun. Laba bersih MAP untuk kuartal ini tercatat sebesar Rp529 miliar.

“Tahun 2024 merupakan tahun yang progresif bagi MAP, karena kami tetap fokus pada prioritas strategis Perusahaan. Meskipun permintaan pelanggan tetap stabil, pertumbuhan pendapatan kami terdampak oleh beberapa faktor eksternal, seperti penundaan peluncuran iPhone 16. Dalam menghadapi tantangan, Perusahaan tetap berkonsentrasi pada strategi utama kami, yakni melaksanakan ekspansi dengan bijak, meningkatkan pengalaman pelanggan melalui data analytics, dan memperkuat kemitraan dengan brand. Kami juga tetap melaksanakan efisiensi operasional dan manajemen biaya, sehingga menciptakan landasan untuk pertumbuhan berkelanjutan dan kesuksesan jangka panjang,” ujar Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group.

Sepanjang tahun, MAP memperluas portofolionya, dengan menghadirkan sejumlah brand terkenal di dunia seperti Kiko Milano, Shark Ninja, dan Kenneth Cole. Sebagai bagian dari strategi multichannel Perusahaan, MAP juga memperkuat platform digitalnya agar lebih mudah terhubung dengan konsumen. Upaya ini menghasilkan peningkatan penjualan online sebesar 19% YoY, sehingga memberikan kontribusi 9,2% dari total pendapatan di tahun 2024.

“Perusahaan akan tetap berfokus untuk menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan melakukan inovasi pada portofolio ritel kami yang beragam. MAP akan senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan brand, produk, dan layanan terbaik untuk pelanggan. Pada saat yang sama, kami akan tetap waspada terhadap kondisi eksternal dan siap beradaptasi untuk menghadapi risiko tersebut,” Ratih menyimpulkan.

Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk
MAP memiliki portofolio lebih dari 150 brand kelas dunia dari department storessportsfashionkidsfood & beverage, hingga lifestyle. Per akhir Desember 2024, MAP mengoperasikan lebih dari 3.700 gerai ritel di lebih dari 80 kota di Indonesia. Konsep ritel utama yang dikelola antara lain; Department Stores: Sogo, Seibu, Galeries Lafayette, The FoodHall; Fashion & Beauty: Zara, Marks & Spencer, Kipling, Cotton On, Mango, Massimo Dutti, Swarovski, Zara Home, Boots, Sephora; Active (Sports & Leisure): Sports Station, PlanetSports.Asia, Foot Locker, Converse, Golf House, Reebok, Skechers, Onitsuka Tiger, Staccato, Clarks; Kids: Kidz Station, Smiggle, Lego; Digital: Digimap, Digiplus; Food & Beverage: Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Godiva, Genki Sushi, Subway; Others: Alun Alun Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang MAP silakan kunjungi map.co.id.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Ratih Darmawan Gianda
VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability
PT Mitra Adiperkasa Tbk
Sahid Sudirman Center, Lantai 30
Jalan Jend. Sudirman Kav. 86 Jakarta 10220
Telephone: +6221 8064 8498, +6221 574 5808