MAP NEWS

Berdampak, Berkarya, Berdaya. MAP Mendukung Terciptanya Generasi Emas Melalui Program Inklusi dan Pengembangan Komunitas Rentan.

Bali, Indonesia – 25 Februari 2025 – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), peritel gaya hidup terkemuka di Indonesia, menjalin kerja sama dengan Kementerian Sosial untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan komunitas rentan di Indonesia. Inisiatif ini mencerminkan pemahaman MAP bahwa pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan harus sejalan dengan pengembangan kualitas manusia.

Upacara penandatanganan tersebut dihadiri oleh Bapak Saifullah Yusuf, Menteri Sosial Republik Indonesia; Ibu Mira Riyati Kurniasih, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial; Bapak Handaka Santosa, Direktur MAP Group; Ibu Marina Naomi Permatasari, Kepala MAP Retail Academy dan People Experiences, beserta seluruh pejabat Kementerian Sosial. Kolaborasi antara MAP Group dan Kementerian Sosial ini menandai langkah penting dalam mendorong terciptanya masyarakat yang inklusif serta memberikan kesempatan yang setara bagi setiap individu di seluruh negeri.

Memberdayakan Sumber Daya dengan Inklusivitas

Sejak didirikan pada tahun 1995, PEOPLE atau orientasi terhadap manusia telah menjadi filosofi bisnis MAP. Perusahaan berkomitmen untuk menciptakan kebahagiaan dan gaya hidup yang menyeluruh bagi pelanggan. Prinsip yang sama juga diterapkan dalam pengelolaan sumber daya manusia, dengan keyakinan bahwa setiap individu memiliki kekuatan dan keunikan masing-masing.

Sebagai bagian dari komitmennya, MAP Group melalui MAP Retail Academy akan memberikan pelatihan dan peluang kerja bagi individu dengan kebutuhan khusus, dengan fokus awal pada komunitas teman tuli. Inisiatif ini sejalan dengan visi Presiden RI Terpilih, “Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045”, yang mencakup delapan misi utama dalam Asta Cita. Khususnya, Asta Cita keempat yang menekankan penguatan pembangunan sumber daya manusia (SDM), termasuk pemberdayaan penyandang disabilitas.

Melalui langkah ini, MAP tidak hanya berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, tetapi juga mendorong lingkungan kerja yang lebih inklusif dan berdaya, menciptakan dampak positif bagi masyarakat luas.

Memberdayakan Komunitas Perempuan dan Kaum Rentan

Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dimulai dari kemandirian setiap individu dan keluarga dalam berkarya sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Melalui kolaborasi dengan Kementerian Sosial, MAP Group tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi, tetapi juga berperan aktif dalam memberdayakan komunitas lokal.

Inisiatif ini dirancang untuk membuka peluang bagi perempuan dan kelompok rentan lainnya agar dapat berkarya dalam menciptakan produk yang mencerminkan kreativitas dan kearifan lokal. Dengan dukungan yang tepat, karya anak bangsa ini memiliki potensi untuk dikenal dan diapresiasi di tingkat internasional, sehingga memperkuat posisi Indonesia di pasar global.

Kerja sama ini tidak hanya menciptakan peluang ekonomi, tetapi juga berperan dalam membantu masyarakat keluar dari garis kemiskinan. Hal ini sejalan dengan Asta Cita ke-3, yang menekankan penciptaan lapangan kerja berkualitas, peningkatan semangat kewirausahaan, pengembangan sektor industri kreatif, serta keberlanjutan pembangunan infrastruktur guna mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Semangat MAP Group juga diperkuat oleh pernyataan Bapak Handaka Santosa, Direktur MAP Group, “Dengan ditandatanganinya MoU bersama Menteri Sosial ini, MAP semakin terarah dalam membentuk kelompok pengrajin di desa dengan komunitas yang lebih rentan.”

Penandatanganan ini turut disertai dengan kunjungan ke salah satu gerai MAP yang berfokus pada pemberdayaan produk lokal, yaitu Alun-Alun Indonesia, oleh Ibu Menteri Sosial, Ibu Fatma Saifullah Yusuf. Dalam kunjungan tersebut, beliau menyaksikan secara langsung bagaimana produk-produk dikurasi dan ditata dengan menarik, sehingga meningkatkan nilai jual dari hasil UMKM.

Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk
MAP memiliki portofolio lebih dari 150 brand kelas dunia dari department storessportsfashionkidsfood & beverage, hingga lifestyle. Per akhir September 2024, MAP mengoperasikan lebih dari 3.463 gerai ritel di lebih dari 80 kota di Indonesia. Konsep ritel utama yang dikelola antara lain; Department Stores: Sogo, Seibu, Galeries Lafayette, The FoodHall; Fashion & Beauty: Zara, Marks & Spencer, Kipling, Cotton On, Mango, Massimo Dutti, Swarovski, Zara Home, Boots, Sephora; Active (Sports & Leisure): Sports Station, PlanetSports.Asia, Foot Locker, Converse, Golf House, Reebok, Skechers, Onitsuka Tiger, Staccato, Clarks; Kids: Kidz Station, Smiggle, Lego; Digital: Digimap, Digiplus; Food & Beverage: Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Godiva, Genki Sushi, Subway; Others: Alun Alun Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang MAP silakan kunjungi map.co.id.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Marina Naomi Permatasari
Head of MAP Retail Academy & People Experiences
PT Mitra Adiperkasa Tbk
Sahid Sudirman Center 58th Floor
Jalan Jend. Sudirman Kav. 86 Jakarta 10220
Telephone: +6221 8064 8498, +6221 574 5808