Jakarta, 29 April 2024 – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), peritel lifestyle terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan kinerja untuk kuartal pertama tahun 2024.
Pada kuartal pertama, MAP mencatat peningkatan pendapatan bersih sebesar 17,8% YoY menjadi Rp8,8 triliun dari Rp7,5 triliun, GPM tercatat menjadi 42,6% dari 44,3% pada tahun sebelumnya. Laba usaha naik 7,4% YoY mencapai Rp713 miliar dari Rp664 miliar, sementara EBITDA tumbuh sebesar 14,2% YoY dari Rp1,3 triliun menjadi Rp1,5 triliun. MAP mencatat laba bersih sebesar Rp501 miliar, meningkat 5% dari Rp477 miliar pada Q1’23.
“Dibandingkan dengan kinerja yang cukup tinggi pada kuartal pertama tahun 2023 setelah diangkatnya pembatasan Covid-19, kami terus mencapai hasil yang lebih tinggi dari sebagian besar segmen MAPI. Pada bulan Maret, kami juga mengamati adanya sebagian dampak positif dari periode Lebaran yang jatuh pada tanggal 10-11 April tahun ini,” komentar Ratih D. Gianda, VP Investor Relation, Corporate Communications and Sustainability MAP Group.
Selama kuartal ini, MAP melanjutkan ekspansi gerai fisiknya di Indonesia dan regional. Kemudian, Perusahaan terus mengembangkan gerai digital dengan mengoperasikan 49 kanal online per akhir Maret 2024, dan melakukan kolaborasi dengan beberapa online marketplace pihak ke-tiga.
Di tengah ketegangan geopolitik saat ini, MAP masih terpengaruh oleh adanya boikot terhadap beberapa brand F&B Perusahaan. Dampak yang paling signifikan dirasakan pada bulan November tahun lalu. Meskipun dampak tersebut mereda menjelang akhir tahun dan selama periode pemilihan Presiden di bulan Januari, ketegangan dirasakan kembali setelahnya. Perusahaan berkomitmen untuk memantau dengan cermat proses pemulihan brand tersebut.
“Selagi menavigasi situasi lingkungan yang tidak pasti, kami lebih berhati-hati di tengah lanskap bisnis yang dinamis di berbagai negara kami beroperasi. Namun, MAP tetap berkomitmen untuk menawarkan rangkaian brand, produk, dan layanan terbaik Perusahaan,” Ratih menyimpulkan.
Tentang PT Mitra Adiperkasa Tbk
MAPI memiliki portofolio lebih dari 150 brand kelas dunia dari department stores, sports, fashion, kids, food & beverage, hingga lifestyle. Per akhir Maret 2024, MAPI mengoperasikan lebih dari 2.800 gerai ritel di lebih dari 80 kota di Indonesia. Konsep ritel utama yang dikelola antara lain; Department Stores: Sogo, Seibu, The FoodHall; Fashion & Beauty: Zara, Marks & Spencer, Kipling, Cogon On, Mango, Massimo Dui, Swarovski, Zara Home, Boots, Sephora; Active (Sports & Leisure): Sports Station, PlanetSports.Asia, Foot Locker, Converse, Golf House, Reebok, Skechers, Onitsuka Tiger, Staccato, Clarks; Kids: Kidz Station, Smiggle, Lego; Digital: Digimap, Digiplus; Food & Beverage: Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme, Cold Stone Creamery Ice Cream, Godiva, Genki Sushi, Subway; Others: Alun Alun Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut tentang MAPI silakan kunjungi map.co.id.
Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
Ratih Darmawan Gianda
VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability
PT Mitra Adiperkasa Tbk
Sahid Sudirman Center 30th Floor
Jalan Jend. Sudirman Kav. 86 Jakarta 10220
Telephone: +6221 8064 8498, +6221 574 5808